Smartphone Android akan Diluncurkan ke Luar Angkasa




Peneliti di Universitas Surrey dan Surrey Satellite Technology Ltd di Inggris saat ini sedang merencanakan untuk mengirimkan handset Android dengan harga di bawah £300 ke luar angkasa. Handset yang belum diketahui namanya ini akan dikirimkan lewat sebuah satelit STRaND-1 di orbit yang mengitari bumi pada akhir tahun 2011 ini.
Peneliti ingin mengetahui apakah smartphone kecil dan murah yang ditempatkan di orbit tersebut akan bisa menahan perubahan ekstrim suhu, gravitasi, maupun atmosfer yang terjadi, jika dibandingkan dengan satelit pada umumnya.

Peneliti utama riset ini menjelaskan bahwa smartphone memiliki banyak komponen yang canggih namun ukuran, berat dan harganya jauh di bawah sistem satelit yang ada saat ini. Dan karena banyak smartphone berjalan di atas OS bebas maka pengembang bisa saja mengembangkan aplikasi untuk satelit. Jika smartphone bisa dibuktikan untuk bekerja di luar angkasa maka hal ini akan membuka banyak kemungkinan baru.
Dalam rancangan ini handset yang akan dipasang bisa mengirimkan gambar dan pesan ke bumi melalui sistem radio. Selain itu smartphone ini akan digunakan juga untuk mengoperasikan bagian-bagian tertentu dari satelit.
Via Techradar
teknoup

0 Response to "Smartphone Android akan Diluncurkan ke Luar Angkasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel