Software untuk pemutar HTPC

Nah soal hardware udah jelas kan, sekarang mulai masuk ke software2 pilihan yang paling cocok buat bikin media center dan yang pertama tentu saja XBMC. 

1. XBMC dikembangkan oleh satu group open source yang awalnya dulu mereka buat untuk tambahan program di XBox tapi kemudian berlanjut dibuat untuk sistem operasi dan spesifikasi komputer yang lebih general, makanya namanya juga XBox Media Center. Tujuan utama XBMC dibuat sebagai program media player dan juga pusat penyedia layanan hiburan untuk semua content digital yang kita punya. Keunggulan yang utama dari XBMC adalah kemampuan support tipe format file multimedia yang lengkap dan desain interface yang menarik dan dukungan komunitas yang cukup besar.

Fitur paling dasar pastinya muter hampir semua format movie, play hampir semua format music dan nampilin image baik single ataupun di model slide. Tambahan fitur lain sifatnya berupa plugin dan sudah banyak yang bisa langsung dipakai untuk melengkapi fitur dasar XBMC. Salah satu contoh plugin bisa dipakai buat browse video youtube dan national geographic secara online, ato ada juga plugin buat baca2 komik terbaru langsung dari salah satu penyedia database komik gratis.

XBMC support terhadap sebagian besar remote yang ada dipasaran, jadi emank software ini di desain agar gampang dipakai dan dapat dikendalikan hanya dengan remote sambil duduk2 atau tidur2 aja di sofa 

XBMC support sistem operasi Windows, Linux, Mac dan XBox tinggal di download aja yang mo dicoba. Nah biar lebih jelas lagi langsung meluncur ke web nya aja ya gan, bisa diakses di http://xbmc.org

HTPC Buat Pemula
HTPC Buat Pemula

HTPC Buat Pemula HTPC Buat Pemula

HTPC Buat Pemula HTPC Buat Pemula

2. Selanjutnya adalah Boxee yang merupakan turunan dari project XBMC hanya saja didalamnya ditambahkan fitur social networking. 

Fitur dasarnya sama dengan XBMC yaitu sebagai media center. Bedanya dengan XBMC adalah untuk menggunakan Boxee kita harus bikin account dulu diwebsitenya, account ini digunakan Boxee sebagai tanda pengenal user yang menggunakan Boxee dan gunanya tentu saja sharing antar user Boxee yang online, data yang dibagi bisa berupa info rating review soal content yang sedang diliat tiap2 usernya. Misal nanti bisa keliatan klo acara tipi online yang lagi digemari user2 Boxee apa aja gitu.

Bila agan2 bisa selalu online maka Boxee pilihan yang cukup tepat karena kelengkapan fitur tambahan yang dimiliki, tapi jeleknya fitur2 tadi ndak akan berfungsi klo kita gak konek dan kadang nge-lag karena dia mesti ngecek koneksi inet mulu.

Karena didukung oleh komunitas tersendiri yang sifatnya setengah open source makanya ada bagian yang memang di share ke public tapi ada juga fitur2 yang close. Tim Boxee sendiri akan mengeluarkan set-top-box khusus untuk Boxee kerjasama dengan DLink cuman blum kliatan masuk sini sepertinya.

Informasi lebih lengkap bisa diakses langsung di http://www.boxee.tv

HTPC Buat Pemula HTPC Buat Pemula

HTPC Buat Pemula HTPC Buat Pemula

3. Windows Media Center
Untuk yang satu ini mestinya udah banyak yang tau lah, salah satu program bawaan Windows yang cukup memuaskan. Windows Media Center (WMC) bisa didapatkan klo kita install Windows XP Media Center Edition, Windows Vista dan Windows 7.

Fitur utamanya ya tetap saja seputar playing content multimedia, hanya saja default instalasi Windows biasanya tidak mengikutsertakan codecs yang lengkap yang menyebabkan ndak semua format movie bisa diputar melalui WMC. Cara mengatasinya tentu saja dengan memilih codecs yang dirasa cocok, salah satu contohnya semisal K-Lite codecs.

Satu hal yg kurang menyenangkan dari WMC adalah makan resource besar, sebenarnya ini juga terkait dengan OS Windowsnya sendiri yang memang suka makan resource kinerja PC. Maksud saya disini sebagai gambarang klo hardware kita cuman Intel Atom klo di install Windows 7 dan kemudian untuk memutar movie 1080p dengan WMC hasilnya movie bisa jalan tapi jika kita loncat2 chapter misalnya biasanya akan sedikit nge-lag. Jika dibandingkan dengan hardware yang sama dan jalan XBMC via Linux pengalaman yang dirasakan adalah berasa lebih enak dan cepat responnya waktu kita loncat2 di waktu play movie 1080p.

Informasi lebih lengkap terkait WMC bisa diakses langsung di web Microsoft sendirihttp://www.microsoft.com/windows/win...d/default.aspx

HTPC Buat Pemula HTPC Buat Pemula

HTPC Buat Pemula HTPC Buat Pemula

HTPC Buat Pemula HTPC Buat Pemula

4. MeediOS

Proyek MeediOS awalnya dibangun dari sebuah komunitas opensource yang ingin membangun sebuah produk alternatip dari Meedio yang sifatnya closed. Dibuat dengan program utama yg kecil dan kemudian semua fitur mengandalkan kemampuan plugin diatasnya. Dari awal MeediOS di desain untuk dapat support interface multi user dan memakai standar UPnp.

Lebih lengkapnya silahkan menuju http://www.meedios.com

HTPC Buat Pemula HTPC Buat Pemula

HTPC Buat Pemula HTPC Buat Pemula

HTPC Buat Pemula HTPC Buat Pemula
Sekian dulu artikel mengenai Software untuk pemutar HTPC
sumber : kaskus

0 Response to "Software untuk pemutar HTPC"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel