Cara Mudah Mengetahui Hardisk Bad Sector

Cara mengecek atau mengetahui Hardisk Bad Sector yang cukup mudah adalah dengan menggunakan fasilitas Run => CMD yang ada di komputer Anda. Sebelum kita bahas lebih lanjut, mungkin Anda perlu mengetahui apa itu Hardisk Bad Sector dan apa saja penyebabnya. Sektor adalah ruangan penyimpanan dalam hardisk. Hardisk Bad Sector adalah sektor pada disk dimana data tidak dapat ditulis atau dibaca karena kerusakan fisik atau inkonsistensi paritas dalam pemeriksaan bit pada disk.

Ada beberapa faktor penyebab hardisk bad sector atau rusak diantaranya adalah:
  1. Melemahnya magnetik dari piringan hardisk dan kesalahan mekanis. Kemungkinan, daerah magnetik disk kehilangan magnet dan karenanya ketidakmampuan untuk menyimpan data.
  2. Akibat dari guncangan atau getaran, dimana saat anda mengoperasikan komputer, dan saat hardisk sedang melakukan proses baca dan tulis, bila terjadi goncangan atau getaran, dapat menyebabkan head akan menggesek piringan dari hardisk sehingga menyebabkan goresan pada piringan, sehingga terjadi bad sector.
  3. Daya listrik yang menurun secara tiba-tiba saat hardisk melakukan proses baca dan tulis, sehingga head akan terhenti mendadak dan bekerja mendadak saat daya listrik naik lagi secara tiba-tiba, dimana head dapat menggesek piringan hardisk
  4. Akibat dari susunan file pada hardisk tidak teratur, sehingga head tidak teratur dalam membaca urutan file yang dibutuhkan sebuah aplikasi, yang lama-kelamaan head dapat menggesek plater dari hardisk dan mengakibatkan bad sector pada hardisk
Nah sekarang Anda sudah tahu kan apa itu Hardisk bad sector ?, dan kali ini kita akan bahas bagaimana cara mengecek atau mengetahui hardisk kena bad sector atau tidak.

Untuk mengecek atau mengetahui hardisk bad sector, Anda bisa menggunakan fasilitas atau fitur Run => CMD yang ada di komputer Anda. Dengan cara ini Hardisk komputer Anda akan di cek tentang jumlah kapasitas hardisk dan termasuk ada bad sectornya tidak.Cara ini termasuk cara yang cukup mudah karena tidak perlu menggunakan software tertentu.

Berikut ini cara mengecek atau mengetahui hardisk bad sector:

1. Masuk ke command prompt dengan klik Start => Run => CMD
2. Kemudian ketikkan perintah CHKDSK, kemudian ENTER, ini untuk mengecek pada drive C, penulisan chkdsk bisa juga diketikkan huruf kecil.
3. Maka sistem komputer akan mulai proses menganalisa hardisk temen-temen. dan setelah selesai akan muncul keterangan seperti gambar di bawah ini :


www.circlemultimedia.blogspot.com
Dari gambar di atas kita dapatkan informasi :

- Total Disk Space, menyatakan besaran kapasitas maksimum dari hard disk
- n Files, menyatakan n/Jumlah file yang berada di dalam satu drive
- Bad Sector, menyatakan jumlah bytes yang terkena bad sector dalam satu drive (jika 0(nol) bytes berarti hard disk anda adalah Sehat dan bilah lebih besar dari 0 (nol) maka hard disk kita sudah ada Bad Sector-nya jadi waspadalah karena dengan adanya bad sector kemungkinan terjadi kerusakan data dapat terjadi kapan saja)
- Available, menyatakan kapasitas hard disk dalam satu drive yang masih bisa digunakan untuk menyimpan data.

itulah Cara Mudah Mengetahui Hardisk Bad Sector. semoga bermanfaat

0 Response to "Cara Mudah Mengetahui Hardisk Bad Sector"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel